DATA
BUKU
Judul
Buku : Psikologi BelajarNo ISBN : 979-421-933-9
Penulis : Muhibbin Syah
Penerbit : PT RajaGrafindo Persada
Tahun terbit : April 2012
Kota Terbit : Jakarta
Jumlah hlm : 255
Harga Buku : Rp 49.600
ISI
BUKU
berkembang itu tidak sama dengan tumbuh,
begitupun sebaliknya, perkembangan itu ialah proses perubahan kualitatif yang
mengacu pada mutu fungsi organ-organ jasmaniah dan bukan organ-organ
jasmaniahnya itu sendiri, perkembangan akan berlanjut terus hingga manusia
mengakhiri hayatnya. Adapun proses perkembangan yaitu perkembangan motor yang
berhubungan dengan perolehan aneka ragam keterampilan fisik anak, perkembangan
kognitif yaitu perkembangan kecerdasan otak anak yang terakhir perkembangan
sosial dan moral yaitu berhubungan dengan perubahan-perubahan cara anak dalam
berkomunikasi,
adapun belajar itu memperoleh arti-arti dan pemahaman-pemahaman
serta cara-cara menafsirkan lingkungan yanga ada disekitar, yanng berarti untuk
memecahkan masalah-masalah yang kini dan nanti yang akan dihadapi, belajar
dapat diartikan perubahan tingkah laku, namun tidak semua perubahan tingkah
laku dapat dianggap belajar. Perwujudan perilaku belajar biasanya lebih sering
tampak dalam perubahan-perubahan kebiasaan,keterampilan,pengamatan, berpikir
asosiatif dan daya ingat, berpikir rasional dan kritis, serta sikap yang
ditunjukan.
Setiap siswa mempunyai kemampuan yang
berbeda-beda bergantung pada efisiensi belajar yaitu perbandingan terbaik
antara usaha belajar siswa dan hasil
belajar, jadi, ada belajar yang efisien ditinjau dari sudut usaha dan ada pula
yang efisiensi ditinjau dari sudut hasil. dan faktor yang mempengaruhi belajar
ada faktor internal yaitu yang berasal dari dalam diri siswa, faktoe eksternal
yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti teman dan lingkungan,
serta faktor pendekatan belajar siswa. Pengetahuan dan keterampilan siswa
sebagai hasil belajar pada masa lalu seringkali mempengaruhi proses belajar
yang sedang dialaminya sekarang, ini biasa disebut transfer belajar.
Pada tahap akhir dalam pembelajaran ada
evaluasi yang bearti keberhasilan program pembelajarn siswa, yang bertujuan
antara lain untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai siswa, dan
berfungsi menentukan posisi siswa dalam kelompoknya, evaluasi bagi siswa
merupakan alat bantu untuk mengatasi kekurangmampuan atau ketidakmampuannya
dalam menilai kemampuan dan kemajuan dirinya sendiri. Dengan demikian siswa
diharapkan mampu menentukan posisi dan statusnya secara tepat diantara
teman-teman dan masyarakatnya sendiri.
Dan bagi orang tua siswa, dengan adanya
evaluasi itu kebutuhan akan pengetahuan mengenai hasil usaha dan tanggung
jawabnya mengembangkan potensi anak akan terpenuhi.
KELEBIHAN
BUKU
Buku ini menggunakan contoh yang
sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga pembaca dapat memahami
pembahasan yang disampaikan. Dan buku ini menghadirkan ayat-ayat Al-Qur’an pada
beberapa topik mengenai psikologi belajar dan buku ini dapat menjadi bahan
bacaan bagi para pendidik maupun calon pendidik.
KEKURANGAN
BUKU
Dalam
isi buku ini ada beberapa yang menggunakan istilah-istilah bahasa asing, yang
sulit dipahami oleh beberapa pembaca, dan pada beberapa bagian menggunakan
bahasa yang berbeli-belit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar