Hello Kitty Winking Pointer

Sabtu, 09 Februari 2019

Resensi Buku Psikolgi Belajar-Muhibbin Syah




                                                            DATA BUKU
Judul Buku      : Psikologi Belajar
No ISBN         : 979-421-933-9         
Penulis             : Muhibbin Syah         
Penerbit           : PT RajaGrafindo Persada
Tahun terbit     : April 2012
Kota Terbit      : Jakarta
Jumlah hlm      : 255
Harga Buku     : Rp 49.600

                                    Oleh : Sulistiani

ISI BUKU

berkembang itu tidak sama dengan tumbuh, begitupun sebaliknya, perkembangan itu ialah proses perubahan kualitatif yang mengacu pada mutu fungsi organ-organ jasmaniah dan bukan organ-organ jasmaniahnya itu sendiri, perkembangan akan berlanjut terus hingga manusia mengakhiri hayatnya. Adapun proses perkembangan yaitu perkembangan motor yang berhubungan dengan perolehan aneka ragam keterampilan fisik anak, perkembangan kognitif yaitu perkembangan kecerdasan otak anak yang terakhir perkembangan sosial dan moral yaitu berhubungan dengan perubahan-perubahan cara anak dalam berkomunikasi,


adapun belajar itu  memperoleh arti-arti dan pemahaman-pemahaman serta cara-cara menafsirkan lingkungan yanga ada disekitar, yanng berarti untuk memecahkan masalah-masalah yang kini dan nanti yang akan dihadapi, belajar dapat diartikan perubahan tingkah laku, namun tidak semua perubahan tingkah laku dapat dianggap belajar. Perwujudan perilaku belajar biasanya lebih sering tampak dalam perubahan-perubahan kebiasaan,keterampilan,pengamatan, berpikir asosiatif dan daya ingat, berpikir rasional dan kritis, serta sikap yang ditunjukan.

Setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda bergantung pada efisiensi belajar yaitu perbandingan terbaik antara  usaha belajar siswa dan hasil belajar, jadi, ada belajar yang efisien ditinjau dari sudut usaha dan ada pula yang efisiensi ditinjau dari sudut hasil. dan faktor yang mempengaruhi belajar ada faktor internal yaitu yang berasal dari dalam diri siswa, faktoe eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa seperti teman dan lingkungan, serta faktor pendekatan belajar siswa. Pengetahuan dan keterampilan siswa sebagai hasil belajar pada masa lalu seringkali mempengaruhi proses belajar yang sedang dialaminya sekarang, ini biasa disebut transfer belajar.

Pada tahap akhir dalam pembelajaran ada evaluasi yang bearti keberhasilan program pembelajarn siswa, yang bertujuan antara lain untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai siswa, dan berfungsi menentukan posisi siswa dalam kelompoknya, evaluasi bagi siswa merupakan alat bantu untuk mengatasi kekurangmampuan atau ketidakmampuannya dalam menilai kemampuan dan kemajuan dirinya sendiri. Dengan demikian siswa diharapkan mampu menentukan posisi dan statusnya secara tepat diantara teman-teman dan masyarakatnya sendiri.

Dan bagi orang tua siswa, dengan adanya evaluasi itu kebutuhan akan pengetahuan mengenai hasil usaha dan tanggung jawabnya mengembangkan potensi anak akan terpenuhi.

 

                                    KELEBIHAN BUKU

Buku ini menggunakan contoh yang sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga pembaca dapat memahami pembahasan yang disampaikan. Dan buku ini menghadirkan ayat-ayat Al-Qur’an pada beberapa topik mengenai psikologi belajar dan buku ini dapat menjadi bahan bacaan bagi para pendidik maupun calon pendidik.

 

                                    KEKURANGAN BUKU

Dalam isi buku ini ada beberapa yang menggunakan istilah-istilah bahasa asing, yang sulit dipahami oleh beberapa pembaca, dan pada beberapa bagian menggunakan bahasa yang berbeli-belit.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran

  Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi informasi ...