Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat
berkembang pesat di era sekarang. Menurut Darmawan
Teknologi informasi adalah ilmu yang digunakan untuk mengelola informasi agar
informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Data atau informasi
tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya. Sedangkan
Komunikasi itu sendiri adalah proses sistematik bertukar informasi di antara
pihak-pihak, biasanya lewat sistem simbol biasa.
TIK adalah proses penyampaian informasi melalui pengolahan data yang melibatkan pengirim dan penerima informasi dengan menggunakan simbol tertentu, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris yaitu Information and Communication Technologies (ICT), adalah terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu Teknologi informasi yang meliputi segala hal berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.
Peran Penting TIK
dalam Pembelajaran
Perkembangan
teknologi informasi memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya
dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg, dengan berkembangnya penggunaan
TIK ada lima yaitu:
1. dari
pelatihan ke penampilan
2. dari
ruang kelas ke di mana dan kapan saja
3. dari
kertas ke on line atau saluran,
4. dari
fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja,
5. dari
waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan
dengan menggunakan media media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya.
6. Interaksi
antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui tatap muka tetapi juga
dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan
layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Dan siswa dapat
memperoleh dan komunikasi informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai
sumber melalui cyber space atau ruang
maya dengan menggunakan cyber teaching atau pengajaran maya,
yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Istilah lain yang sering digunakan adalah e learning
yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan
informasi khususnya internet.
peranan
ICT dalam pembelajaran adalah:
1. Informasi
Teknologi berperan sebagai alat produksi dan penyaji materi pembelajaran.
Saat ini perkembangan software dan hardware telah mencapai titik kemajuan teknologi yang pesat,
penggunaan yang user friendly, serta
harga yang relatif terjangkau. Hal tersebut berdampak pada pembuatan materi
ajar menjadi lebih mudah, murah dan variatif.
2. IT
berperan untuk distribusi
Peran IT sebagai
distribusi pembelajaran saat ini telah mencapai tahapan yang mudah digunakan dan murah, semisal internet,
televisi , mobile phone dan
sebagainya.
3. IT
berperan sebagai pengevaluasi pembelajaran.
Evaluasi pembelajaran
saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan IT terutama internet. Contoh adalah
penggunaan aplikasi-aplikasi pembuat soal yang memudahkan proses evaluasi
belajar.
4. IT
berperan sebagai media kolaborasi pembelajaran.
Misalnya iskusi,
berbagi pengetahuan dalam pembelajaran saat ini dapat dilakukan tidak dengan
bertatap antara serta memecahkan
permasalah muka.Aplikasi-aplikasi chatting
dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi siswa atau mahasiswa dengan guru atau dosen
atau antar sesama mereka.
5. IT
berperan pencari sumber materi pembelajaran.
Internet adalah sebuah
gudang data yang sangat banyak menyimpan materi teks, suara, gambar ataupun
multimedia. Contohnya Google, Yahoo,
dan lain-lain. kemajuan pencarian mesin pencari menjadikan materi-materi
pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.
Fungsi dan Kegunaan TIK dalam Pembelajaran
Tiga
fungsi utama TIK dalam kegiatan pembelajaran, yaitu:
1.
Teknologi berfungsi
sebagai alat
TIK digunakan sebagai
alat bantu bagi pengguna (user) atau
siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, pengolah
angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif
untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya.
2.
Teknologi berfungsi
sebagai ilmu pengetahuan (science).
Yaitu teknologi
sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya
teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti
informatika, manajemen informasi, dan ilmu komputer.
3. Teknologi
berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran.
Teknologi sebagai bahan dan
alat bantu dalam pembelajaran. menguasai kompetensi. Teknologi berfungsi
sebagai guru yaitu sebagai: fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator.
penulis : Sulistiani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar