Hello Kitty Winking Pointer

Jumat, 16 Oktober 2020

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran

 

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran


Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat berkembang pesat di era sekarang. Menurut Darmawan Teknologi informasi adalah ilmu yang digunakan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Data atau informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya. Sedangkan Komunikasi itu sendiri adalah proses sistematik bertukar informasi di antara pihak-pihak, biasanya lewat sistem simbol biasa.

TIK adalah proses penyampaian informasi melalui pengolahan data yang melibatkan pengirim dan penerima informasi dengan menggunakan simbol tertentu, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris yaitu Information and Communication Technologies (ICT), adalah terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu Teknologi informasi yang meliputi segala hal  berkaitan dengan proses,

penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media.

 

Peran Penting TIK dalam Pembelajaran

Perkembangan teknologi informasi memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg, dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima yaitu:

1.      dari pelatihan ke penampilan

2.      dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja

3.      dari kertas ke on line atau saluran,

4.      dari fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja,

5.      dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya.

6.      Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Dan siswa dapat memperoleh dan komunikasi informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan  cyber teaching atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet.

Istilah lain yang sering digunakan adalah e learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

peranan ICT dalam pembelajaran adalah:

1.      Informasi Teknologi berperan sebagai alat produksi dan penyaji materi pembelajaran.

Saat ini perkembangan software dan hardware telah mencapai titik kemajuan teknologi yang pesat, penggunaan yang user friendly, serta harga yang relatif terjangkau. Hal tersebut berdampak pada pembuatan materi ajar menjadi lebih mudah, murah dan variatif.

2.      IT berperan untuk distribusi

Peran IT sebagai distribusi pembelajaran saat ini telah mencapai tahapan yang mudah  digunakan dan murah, semisal internet, televisi , mobile phone dan sebagainya.

3.      IT berperan sebagai pengevaluasi pembelajaran.

Evaluasi pembelajaran saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan IT terutama internet. Contoh adalah penggunaan aplikasi-aplikasi pembuat soal yang memudahkan proses evaluasi belajar.

4.      IT berperan sebagai media kolaborasi pembelajaran.

Misalnya iskusi, berbagi pengetahuan dalam pembelajaran saat ini dapat dilakukan tidak dengan bertatap antara  serta memecahkan permasalah muka.Aplikasi-aplikasi chatting dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi siswa atau mahasiswa dengan guru atau dosen atau antar sesama mereka.

5.      IT berperan pencari sumber materi pembelajaran.

Internet adalah sebuah gudang data yang sangat banyak menyimpan materi teks, suara, gambar ataupun multimedia. Contohnya Google, Yahoo, dan lain-lain. kemajuan pencarian mesin pencari menjadikan materi-materi pembelajaran dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

 

Fungsi dan Kegunaan TIK dalam Pembelajaran

Tiga fungsi utama TIK  dalam kegiatan pembelajaran, yaitu:

1.        Teknologi berfungsi sebagai alat

TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, pengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan sebagainya.

2.        Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science).

Yaitu teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, dan ilmu komputer.

3.      Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran.

Teknologi sebagai bahan dan alat bantu dalam pembelajaran. menguasai kompetensi. Teknologi berfungsi sebagai guru yaitu sebagai: fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator. 


penulis : Sulistiani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran

  Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi informasi ...