DATA BUKU
Judul
Buku : Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan BaruNo ISBN : 979-514-672-6
Penulis : Muhibbin Syah
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
Tahun terbit : 2008
Kota Terbit : Bandung
Jumlah hlm : 267
Harga Buku : Rp 55.000
Oleh :
Sulistiani
ISI
BUKU
Prinsip,
konsep, dan metode psikologi pendidikan ialah landasan untuk berpikir bagi
seorang guru dalam mengelola proses belajar mengajar yang selaras dengan
keadaan dan kebutuhan siswanya.Perkembangan dapat diartikan sebagai proses
perubahan dalam diri setiap individu untuk menuju tingkat kedewasaan atau
kematangan. Perkembangan ialah perubahan psiko-fisik manusia yang progresif
sejak lahir hingga akhir hayat. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi
perkembangan itu sendiri diantaranya aliran empirisme, aliran nativisme, dan
aliran konvergensi.
Belajar
adalah proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang,
belajar ialah perubahan tingkah laku seseorang yang relatif positif dan menetap
sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya yang melibatkan proses kognitif.
Menurut aliran behaviorisme setiap individu yang lahir tanpa pembawaan warisan
dari orang tuanya dan belajar adalah kegiatan refeleks jasmani terhadap
stimulus yang ada dan tidak ada hubungannya dengan bakat atau kecerdasan bawaan.
Evaluasi
adalah penilaian terhadap keberhasilan siswa
yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh
siswa dan menentukan siswa dalam kelompok belajarnya. Mengajar adalah kegiatan
mengembangkan seluruh potensi melalui penataan lingkungan yang sebaik-baiknya
kepada siswa sehingga terjadi proses belajar.
KELEBIHAN
Mempunyai
cover yang berwarna kuning dan putih cerah yang menarik bagi pembaca,
menggunkan bahasa-bahasa yang sederhana sehingga maknanya mudah dipahami oleh pembaca
KEKURANGAN
Buku
ini tidak dilengkapi dengan gambar sebagai iludtrasi yang lebih memudahkan
pembaca dalam memahami materi atau bahasan yang disampaikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar