Hello Kitty Winking Pointer

Senin, 08 April 2019

Psikologi Pendidikan-Prof. Dr. Nyanyu Khodijah


DATA BUKU
Judul Buku      : Psikologi Pendidikan
No ISBN         : 978-979-769-680-1
Penulis             : Prof. Dr. Nyanyu Khodijah, S.Ag, M.Si
Penerbit           : Rajawali Pers
Tahun terbit     : 2014 
Kota Terbit      : Jakarta
Jumlah hlm      : 224
Harga Buku     : Rp 67.000

                                    Oleh : Sulistiani

                                                ISI BUKU

Membahas tentang psikologi pendidikan yang menyangkut tentang definisi,ruang lingkup, metode, objek penelitian, kegunaan dan lain-lain, proses-proses dan faktor-faktor psikologis yang berhubungan dengan pendidikan manusia, materi yang meliputi konsep dasar psikologi pendidikan, gejala-gejala kejiwaan, perbedaan individu, belajar, dan pembelajaran serta evaluasi dan hasil belajar.

Psikologi berasal dari bahasa yunani yaitu pschye yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu, sehingga dapat diartikan sebagai ilmu jiwa. Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis, progresif, dan berkesinambungan dalam diri seseorang sejak lahir hingga akhir hayatnya. Perkembangan individu mempunyai ciri-ciri yaitu terjadinya perubahan dalam aspek, terjadinya perubahan dalam proporsi, dan diperolehnya hal-hal yang baru. Perkembangan mencangkup perilaku koatif, perkembangan moralitas dan keagamaan.

Belajar merupakan salah satu faktor pembentukan perilaku individu dan adanya perubahan tingkah laku. Dapat berupa perubahan yang yang disadari dan disengaja, perubahan yang berkesinambungan, perubahan yang fungsional, perubahan yang bersifat aktif, perubahan yang bersifat permanen, perubahan yang bertujuan dan terarah dan perubahan perilaku secara keseluruhan. Belajar adalah pengaktifan informasi dan penyimpanannya didalam memori terdalam.

Teori-teori dalam belajar meliputi teori belajar dan perubahan paradigma belajar, teori behavioristik, teori kognitif, dan teori konstruktivis. Motivasi adalah gerak atau dorongan, sehingga dapat memperoleh hasil atau mencapai suatu tujuan tertentu.

KELEBIHAN

Menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dimegerti oleh pembaca. Dan contoh dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari

KEKURANGAN

Buku ini tidak dilengkapi gambar atau ilustrasi yang memudahkan pembaca memahami materi yang disampaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran

  Pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Teknologi informasi ...