DATA
BUKU
Judul
Buku : Psikologi PendidikanNo ISBN : 978-979-076-097-4
Penulis : Dr. H. Mahmud, M.Si.
Penerbit : Pustaka Setia
Tahun terbit : 2010
Kota Terbit : Jakarta
Jumlah hlm : 376
Harga Buku : Rp 42.000
ISI BUKU
Buku ini menjelaskan tentang pengertian
psikologi pendidikan, ruang lingkup psikologi pendidikan, pendekatan psikologi
pendidikan, dan kegunaan psiko;ogi pendidikan. Kegunaan psikologi pendidikan
yaitu unutk mencapai pendidikan yang efektif, menimbulkan rasa senang dalam
proses pembelajaran, dan utnuk mempengaruhi sikap siswa. Manusia dalam
pandangan psikologi dapat dilihat menurut teori behaviorisme, teori kognitif,
dan teori humanistik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manusia
yaitu faktor bilogis dan psikologis.
Belajar merupakan faktor yang
mempengaruhi pembentukan perilaku individu. Belajar berarti adanya perubahan
tingkah laku dalam diri individu. Adapun teori-teori dalam belajar meliputi
teori pevlovonisme, koneksionosme, pembiasaan perilaku respons, dan teori
gestalt. Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan dapat diperoleh
oleh manusia melalui pengamatan indra. Perkembangan dapat diartikan sebagai
perubahan yang sistematis, progresif, dan berkesinambungan dalam diri seseorang
sejak lahir hingga akhir hayatnya.
Perkembangan mencangkup perkembangan
kepribadian, perkembangan perilaku konotatif, perkembangan moralitas, dan
perkembangan keagamaan. Faktor-faktor perkembangan meliputi faktor keturunan,
keluarga dan juga lingkungan. Kepribadian adalah organisasi yang dinamis dalam
diri individu yang menentukan penyesuaian diri terhadap lingkungannya.
Kelebihan
Buku ini menggunakan contoh yang
sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga pembaca dapat memahami
pembahasan yang disampaikan
Kekurangan
Buku ini tidak dilengkapi dengan gambar
yang menrangkan lebih jelas mengenai pembahasan yang akan disampaiakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar